5G atau Fifth Generation (generasi kelima) adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut generasi kelima sebagai fase berikutnya dari standar telekomunikasi seluler meleibih standar 4G. Teknologi generasi kelima ini direncanakan akan resmi diliris untuk sistem operasi seluler pada 2020, sehingga saat ini masih terlalu dini untuk mengetahui akan seperti apa teknologi 5G tersebut.

Teknologi 5G menggunakan gelombang radio sebagai pengirim data, gelombang radionya akan dibagi menjadi frekuensi frekuensi yang berbeda beda. Setiap frekuensinya disiapkan untuk tipe komunikasi yang berbeda, seperti aeronautical dan sistem navigasi maritim, siaran televisi, dan mobile data. ITU (International Telecommunication Union) telah mensturkturkan bagian bagian gelombang radio untuk mentransmisikan data sambil mengembangkan teknologi yang sudah ada seperti 3G dan 4G.

 

Kenggulan Teknologi 5G

Teknologi 5G belum dapat dipastikan keunggulan dan kekurangannya karena teknologi inipun belum di luncurkan atau masih sekedar konsep belaka, namun ada beberapa konsep yang menjadi tujuan utama teknologi 5G, yaitu :

  1. Kecepatan data yang lebih cepat dari teknologi 4G
  2. Memiliki transfer data dari satu telepon ke telepon lain dengan kecepatan satu mili detik.
  3. Dapat terkoneksi dengan alat seperti telepon, mobil, dan peralatan rumah tangga.

Teknologi 5G sendiri diprediksi mempunyai kecepatan data sekitar 800gbps, atau seratus kali lebih cepat daripada teknologi 4G.