apa itu brand? iya brand itu adalah Nama, istilah, logo, simbol, slogans, karakter atau kombinasi dari semuanya dimaksudkan untuk mengidentifikasi barang atau jasa dari satu penjual atau kelompok penjual dan untuk membedakannya dari para pesaing.

maka itu brand equity adalah

Nilai tambah (value added) yang ada pada suatu produk atau jasa, yang dapat terlihat pada cara konsumen berpikir, merasa, dan bertindak terhadap merek.

ada 4 dimensi brand equity

Dimensi asosiasi (brand association)

Untuk menanamkan sebuah asosiasi brand membutuhkan waku yang sangat lama melalui periklanan dan promosi yang gencar sampai mencapai tahap kematangan produk salah satunya produk menjadi marketing leader. Contoh: Sanyo  identik dengan pompa, padahal sanyo bukan hanya memproduksi pompa saja tapi alat elektronik yang lainnya.

-Dimensi loyalitas (brand & customer loyalty)

Setelah melalui proses diatas kesan yang kuat melalui pengalaman dan penanaman emotional brand akan melahirkan brand  loyalty àcustomer loyalty

Dimensi kesadaran merek (brand awareness) adalah kesanggupan konsumen untuk mengenali suatu produk atau seberapa kuat merek tertanam dalam ingatan konsumen. Kesadaran merek ini tertanam dalam benak konsumen.

Dimensi kesan kualitas (perceived quality).

Kesan konsumen terhadap kualitas dengan memberikan penilaian positif dan negatif yang menghasilkan nilai. Perusahaan dapat memberikan experiential dan emotional brand sesuai dengan gaya hidupnya